PENGARUH IKLAN, PROMOSI PENJUALAN, HUBUNGAN MASYARAKAT, PENJUALAN PERSONAL DAN PEMASARAN LANGSUNG TERHADAP EKUITAS MEREK INDOMARET (STUDI KASUS MASYARAKAT INDOMARET DI KOTA BOGOR)
DOI:
https://doi.org/10.58890/jkb.v13i2.90Kata Kunci:
Iklan, Promosi Penjulanan, Hubungan Masyarakat, Penjualan Personal,Pemasaran Langsung, Ekuitas MerekAbstrak
Indomaret adalah jaringan minimarket di Indonesia yang memiliki sistem waralaba. Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari. Indomaret memiliki Slogan “Mudah dan Hemat”. Metode penelitiannya adalah metode kuantitatif, model analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dan insidential sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden. Hasil Adjusted R Square menunjukkan bahwa 59,5% faktor-faktor ekuitas merek dapat dijelaskan oleh iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal dan pemasaran langsung sedangkan sisanya 40,5% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan pemasaran langsung secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (30,030) > Ftabel (2,310). Hasi uji t menunjukkan bahwa variabel iklan dan pemasaran langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek di Minimarket Indomaret pada masyarakat Kota Bogor. Adapun variabel promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan penjualan personal secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek. Variabel yang dominan mempengaruhi ekuitas merek pada Minimarket Indomaret Kota Bogor adalah pemasaran langsung.
Unduhan
Referensi
Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Erlangga (40, 55)
Alma, B. 2010. Pengantar Bisnis. Bandung, CV Alfabeta (195)
_____. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung (Edisi Revisi): CV. Alfabeta. (147, 150, 169)
Apriandi, Anggih dan Endang Sofyan. 2014. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Ekuitas Merek Pelumas Enduro 4T di Kota Bandung. Proseding Seminar Nasional Hasil Penelitian-Denpasar, 18 Juni 2014. ISSN 182-13-243-1-10-20171124
Fathoni, F, Achmad dan Kadarisman. 2015. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Ekuitas Merek (Survey pada Pelanggan Hotel Pelangi Malang). Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. ISSN 75697.
Fikri, Rausyan. 2018. Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Memilih SMA IT AL-MADINAH Cibinong. Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan.
Ghrahito H. K, Jehuda dan Eristia Lidia P. 2016. Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Ekuitas Merek Alfamart. Jurnal Riset Manajemen. Volume 1, Nomor 1, Juni 2016: 27-42. ISSN 2363-4692-1-SM.
Herdiana Nana. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung : Pustaka Setia. (177, 193, 195)
Kartikasari, Nia P. 2014. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu terhadap Ekuitas Merek. Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP Angkatan II, Vol 3 No 2, Juli 2014 : 162-167. ISSN 8782-19587-1-SM.
Kotler, P., Keller, K, L. (2015). Manajemen Pemasaran. Edisi XIII. Jilid 2. (Alih bahasa Bob, S). Jakarta: Penerbit Erlangga. (114, 258)
Kotler, P., Keller, K, L. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi XIII. Jilid 2. (Alih bahasa Bob, S). Jakarta: Penerbit Erlangga. (245)
Kotler, P., Keller, K, L. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi XIII. Jilid 1. (Alih bahasa Bob, S). Jakarta: Penerbit Erlangga. (104)
Petri. L, Sinta. Hubungan Komunikasi Pemasaran dan Promosi Dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan (Studi pada Rumah Sakit Islam Lumajang). Universitas Diponogoro Semarang
Prayitno, Sunarto dan Rudy Harjanto. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu Seri 1. Depok: Rajawali (32, 33, 34, 35, 39, 40, 41)
_____.2017. Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. Depok : Rajawali (50,51)
_____.2017. Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu (Lou Roberts dan Paul D. Berger (1999). Depok ; Rajawali (40).
Setiawan, Heri dan Jusmawi Bustan. 2017. Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan dan Pemasaran Langsung Terhadap KeputusanKunjungan Wisatawan. Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Sriwijaya, Indonesia, Vol. 3, No. 1, April 2017. ISSN 2460.8211
Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke-Dua Puluh Satu. Bandung: Penerbit Alfabeta. (6, 80, 81, 85, 137, 147, 275, 283).
_____. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke-22. Bandung: Penerbit ALfabeta. (2, 8, 11, 35, 121).Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET (Penerbit ANDI). (187, 231).
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET (Penerbit ANDI). (187, 231).