PENGARUH BAURAN PEMASARAN (LOKASI, HARGA, PROMOSI) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DULANG RESORT AND RESTO BANDUNG

Penulis

  • Mega Indah Edityawati
  • Fx Widari Eva Astuti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v13i2.91

Kata Kunci:

Lokasi, Harga, Promosi, Kepuasan Pelanggan

Abstrak

usaha hotel di Bandung berkembang pesat, sehingga persaingan dalam bisnis perhotelan yang semakin ketat menuntut perusahaan selalu berupaya meningkatkan kualitas produknya. Salah satunya kualitas jasa dan bauran pemasaran untuk memenuhi harapan pelanggan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bauran pemasaran lokasi, harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan Dulang Resort & Resto Bandung. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 75 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukan bahwa 58,1% faktor-faktor kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh lokasi, harga dan promosi sedangkan sisanya 41,9% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel lokasi, harga, promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel lokasi dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sedangkan variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amstrong, Kotler. (2015). “Marketing an introducing Prentice Hall twelfth edition:, England : Pearson Education.

Andari. (2017). Jurnal Universitas Diponegoro, Journal of Management

Assauri. (2017). Manajemen Pemasaran Dasar dan Konsep, Jakarta Raja Grafindo Persada.

Buchari Alma. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa, Alfabeta Bandung.

Desy Kavanillah. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Menginap di Hotel Andita Syariah Surabaya, ISSN 2252 5661 – Universitas Negeri Surabaya

Echdar, Saban. (2013). Manajemen Entrepreneurship Kiat Sukses Menjadi Wirausaha. Yogyakarta: Andi.

Faradiana dan Satrio. (2016). Pengaruh Promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah cantik Alamanda, Jurnal STIE Surabaya, Vol. 5, No. 7.

Fandy. (2015). Manajemen Jasa Edisi Kedua,Yogyakarta: Andi Offset.

Kotler, Philip. (2014). Manajemen Pemasaran (Marketing Management), Jakarta: Prenhallindo.

Kotler dan Keller. (2016). AMA (American Marketing Association)

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15th Edition. Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip dan Gerry Armstrong. (2014). Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Pratama. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Membeli Teh Rolas di PT. Nusantara Mandiri, ISSN 2548 – 5024 - Universitas STIESIA Surabaya

Putranto. (2016). Pengaruh Kualitas pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen.

Riadi. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Setyaningrum Ari, J. U. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta : Andi offset.

Sugiyono. (2017). "Metode penelitian kuantitatif kualitatif R&D, alfabeta Bandung.

Sugiyono. (2014). CV Alfabeta. Metode Kuantitaif, Kualitatif dan Metode Penelitian dan Pengembangan R&D.

Surat Keputusan Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi. Klasifikasi Penggolongan Hotel dalam 5 golongan kelas (bintang), No.KM/37/PW.340/MPPT-86.

Surat Keputusan Menteri Perhubungan RI. (1970). No. 241/4/70 tanggal 15 Agustus

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-30

Cara Mengutip

Indah Edityawati, M., & Widari Eva Astuti, F. (2021). PENGARUH BAURAN PEMASARAN (LOKASI, HARGA, PROMOSI) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DULANG RESORT AND RESTO BANDUNG. Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 13(2), 53–67. https://doi.org/10.58890/jkb.v13i2.91