PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MAYBELLINE DI MATAHARI MALL CIPUTRA CIBUBUR

Penulis

  • Agustini
  • Nurul Istikomah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v13i2.92

Kata Kunci:

Harga, Promosi, Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstrak

Persaingan pada dunia bisnis saat ini semakin ketat, menyebabkan semakin banyak pilihan produk kosmetik yang dijual oleh perusahaan besar lainnya, seperti yang dialami oleh perusahaan yang ada di Indonesia, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Harga, Promosi dan Pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Maybelline di Matahari Mall Ciputra Cibubur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regrensi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 61 responden, dengan menggunakan regrensi linier berganda. Hasil uji regrensi menunjukan bahwa 51,9% faktor-faktor kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh harga, promosi dan pelayanan sedangakan sisanya sisanya sebesar 48,1% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan harga, promosi dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (22,560) > dari Ftabel (2,77). Hasil uji t menunjukan bahwa variabel promosi menunjukan hasil t_hitung (2,491) dimana t_tabel (2,002) dan nilai sig (0,016)< (0,05) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ade Supriatna. (2015). Pengaruh Produk, Harga, Lokasi, dan Promosi Terhadap Keputusan Membeli Konsumen di PT. Indomarco Primatama di Cabang Bogor Selatan (Indomaret Pamoyanan Bogor).

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Ponorogo.

Halimah Nur Alifia. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kaos Kaki Pada PT. Soka Cipta Niaga. ISSN: 2442-5826. Jurnal Manajemen Bisnis Volume 4, No 2, Agustus 2018. Universitas Telkom Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2013). Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi 13.Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., dan K.L. Keller. (2015)..

Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1 (Ahli bahasaBenyamin Molan), Jakarta: Penerbit Indeks.

Kotler, Philip., dan Keller, Kevin Lane.2018). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 12. Jakarta: Erlangga.

Lela Novita Anggraini ( 2019). Pengaruh Kualitas, Harga, dan Citra Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Produk Kosmetik Wardah Study Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi Islam Batik Surakarta. ISSN: 2502-3055, Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Vol . 7 No. 1, Juni 2019. Universitas Islam Batik Surakarta.

Melinda Handayani (2017) Pengaruh

Kualitas Prlayanan, Fasilitas, Harga, dan Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Loris Beauty Clinic Malang. Jurnal Riset Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma Malang

Muliyawan, Dewi & Suriana, Neti ( 2013), A-Z. Tentang Kosmetik Jakarta: PT. Elex Media Komputerindo.

Neneng Sri Patmawati ( 2020). Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Emina di Mall Kota Kasablanka. Jurnal IKRH-ITH Ekonomika Vol. 3 No. 3 November 2020. Universitas Persada Indonesia Y.A.I. Jakarta.

Purnomo, Rochmat Aldy. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Ponorogo: Wage Group.

Rionardo, Prasetio., dan Kazia Laturatte. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bisnis Chepito tour & Travel. ISSN: 332-34. Jurnal Fakultas Manajemen dan Bisnis Volume. 2. No. 3 Agustus 2017. Universitas Ciputra.

Riyono. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Brand ImageTerhadap Keputusan Pembelian Aqua di Kota Pati. Jurnal Ekonomi ISSN: 2252-826, Stie AKA Semarang.

Setiyaningrum, Ari., J. Udaya., Efendi. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Sugendi, U., D. Hermawan., & Udaya., Efendi. (2015). Hubungan Pengawasan dengan Efektifitas Kerja Pegawai. Jurnal Governasi. ISSN : 2442-3971. Volume 1 No. 1. April 2015. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Djuanda Bogor.

Sugiarto. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. (2015) . Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D Cetakan ke 22. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Cetakan Ke-26. Bandung: Alfabeta.

Suliyanto. (2017). Metode Penelitian Bisnis Untuk Skripsi, Tesis, & Disertasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Sumarni, M. dan Soepriharto, J. ( 2014). Pengantar Bisnis ( Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan).Edisi 6. Yogjakarta: Penerbit Liberty.

Suprayanto, R. W., Dan Rosyad. (2015). Manajemen Pemasaran. Bogor: In media

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian). Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi

Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, Fandy. Dan Gregorius.

Chandra. ( service, Quality, and Santifaction) (2016).Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia, Diana. 2015. Pelanggan Puas? Tak Cukup!, Edisi 1 Yogyakarta: ANDI

Wibiwo, Pudjo. 2018. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perusahaan PT. GOJEK Indonesia ( Studi Pada Pengguna Transportasi Online-Gojek di Tangerang). Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 9 (1): 27:38.

Windasuri, H., Hyachinta , S., & Team, B. G. (2016). Excellence Service. Jakarta: PT. Gramedia Utama.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-14

Cara Mengutip

Agustini, & Istikomah, N. (2021). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MAYBELLINE DI MATAHARI MALL CIPUTRA CIBUBUR. Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 13(2), 68–82. https://doi.org/10.58890/jkb.v13i2.92 (Original work published 14 Agustus 2023)