ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) (STUDI KASUS: PADA PT. ANUGERAH INDOFOOD BAROKAH MAKMUR)

Penulis

  • Altatit Dianawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Rizal Akbar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v13i2.93

Kata Kunci:

Pengendalian Kualitas Produk, Statistical Quality Control

Abstrak

PT. Anugerah Indofood Barokah Makmur merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam pengolahan minuman dalam kemasan, Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis data secara deskriptif. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara, populasi data kerusakan pada saat proses produksi, data kerusakan temuan dari hasil proses inspeksi dan data kerusakan yang ditemukan oleh konsumen, pengambilan sample untuk proses inspeksi produk yaitu 1% dari jumlah hasil produksi pershift, dilanjutkan dengan mengolah data menggunakan metode SQC dilakukan tahapan diantaranya mengisi lembar pemeriksaan, membuat histogram, membuat diagram pareto, menghitung peta kendali dan membuat diagram sebab-akibat. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga jenis kerusakan pada produk Ichi Ocha dan Fruitamin Cocobit yaitu kerusakan Cap posisi, kerusakan No coding cap, dan kerusakan Label posisi. Hasil analisis diagram sebab-akibat menunjukkan penyebab mutu produk Ichi Ocha dan Fruitamin Cocobit kurang baik yaitu faktor tenaga kerja, metode, dan mesin. Terlihat dari diagram pareto, jenis kerusakan produk lebih dominan pada Cap posisi ukuran sebesar 62,61%, hasil analisis peta kendali menunjukkan bahwa pengendalian mutu di PT. AIBM masih diluar batas kendali. Tindakan yang dilakukan untuk mengurangi kerusakan yaitu menambahkan tenaga kerja untuk bagian inspektor area packing, seringnya melakukan verifikasi pada mesin kamera heuft/inspeksi, melakukan perawatan pada mesin dan stok pada sparepart masih kurang terkontrol.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahyari (1990). Manajemen Produksi Pengendalian Produksi. Yogyakarta: BPFE.

Devina, V (2016). Pengendalian Kualitas Kertas Dengan Menggunakan Statistical Process di Paper Machine 3. JITI. Vol. 15, 87- 93.

Elmas, (2016) Pengendalian kualitas dengan menggunakan metode statistical quality control (SQC) untuk meminimumkan produk gagal pada Roti Barokah Bakery. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi WIGA Vol.7, Maret 2017, Hal 15-22.

Heizer dan Barry Render. (2006). Operations Managemen, diterjemahkan oleh Dwianoegrawati Setyoningsih dan Indra Almahdy. Jakarta: Salemba Empat.

Montgomery, D.C. (2001). Pengantar Pengendalian Kualitas Statistik. (Zanzawi Soejati, Penerjemah). Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press.

Namani, C.N. (2013). Statistical Quality Control of Manufactured Products (Case Study of Packaging at Lifespan Pharmaceutical Limited). ISSN 2229- 6107.

Parwati, C.I., dan Rian Mandar Sakti, (2012), Pengendalian Kualitas Produk Cacat Dengan Metode Pendekatan Kaizen Dan Analisis Masalah Dengan Seven Tools, Yogyakarta.

Prasastono, N dan Sri Yulianto F. (2012). Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kentucky Fried Chicken Semarang Candi. Dinamika

Kepariwisataan Vol. XI No. 2.

Prawirosentono, S. (2007). Manajemen Mutu Terpadu Total Quality Management Abad 21 Studi Kasus Dan Analisis Kiat Membangun Bisnis Kompetitif Bernuansa Market Leader. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusdiana. (2014). Manajemen Operasi. Bandung: Pustaka Setia. Rahmawati F. 2013. Pengemasan dan Pelabelan. Yogyakarta (ID) : Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.CV

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-14

Cara Mengutip

Dianawati, A. ., & Akbar, R. (2021). ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) (STUDI KASUS: PADA PT. ANUGERAH INDOFOOD BAROKAH MAKMUR). Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 13(2), 83–98. https://doi.org/10.58890/jkb.v13i2.93 (Original work published 14 Agustus 2023)