PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN, KEBIJAKAN UTANG, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADA NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Makanan Dan Minuman yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2017

Penulis

  • Krisna Sudjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Agret Anggraini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v13i2.94

Kata Kunci:

Kebijakan Deviden, Kebijakan Utang,Profitablitas, Ukuran Perusahaa Nilai Perusahaan

Abstrak

Nilai perusahaan sangat penting karena dapat menggambarkan kinerja perusahaan yang nantinya akan mempengaruhi investor terhadap perusahaan sehingga dapat membantu pengambilan keputusan keuangan dalam menginvestasikan dananya pada perusahaan. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi nilai perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa terdapat dua variabel yaitu kebijakan utang dan profitabilitas yang berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan dua variabel lainnya yaitu kebijakan dividen dan ukuran perusahaan menunjukkan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa secara bersama-sama Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang , Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Kemampuan prediksi dari kelima variable tersebut terhadap Nilai Perusahaan sebesar 96,9% sebagaimana ditunjukkan oleh besarnya adjusted R square sebesar 96,9%, sedangkan sisanya 3,1% dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdillah, W., Hartono. (2015). Partial Least Square (PLS).Penerbit Andi. Yogyakarta.

Ambarwati, Sri; Dwi, Ari, (2010). Manajemen Keuangan Lanjutan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Brigham dan Houston. (2010). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Buku 1 (Edisi 11). Jakarta: Salemba Empat.

Brigham Eugene, F. dan J. Houston. (2014). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat

Dewi,Ayu Sri Mahatma dan Ary Wirajaya . (2013) .” Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan”. E- Journal Akuntansi Universitas Yudayana, 358-372.

Fahmi, Irham. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Ke-2. Bandung: Alfabeta

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23, Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanafi, Mahduh dan Abdul Halim, (2012), Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: (UPP) STIM YKPN.

Harahap, Sofyan Syafri. (2008). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Harjito,Agus dan Martono. (2012). Manajemen Keuangan. Edisi ke-2. Yogyakarta: Ekonisia.

Harmono, (2014). Manajemen Keuangan: Berbasis Balanced Scorecard, Edisi Pertama, Bumi Aksara, Jakarta.

Hariyani, et al. (2011). A Merger, Konsolidasi, Akuisisi, & Pemisahaan Perusahaan. Jakarta: Visimedia.

Haslinda dan Jamaluddin M. (2016). Pengaruh Perencanaan Anggaran dan Evaluasi Anggaran terhadap Kinerja Organisasi dengan Standar Biaya sebagai Variabel Moderating pada Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo. Akuntansi Peradaban 2 (1) :12

Hermuningsih, Sri. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Sruktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Publik Di Indonesia.Yogyakarta: University of Sarjanawiyata Taman siswa Yogyakarta

Hemastuti,C.P. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Keputusan Investasi, dan Kepemilikan Insider Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi. Vol.3. No.4.

Hery. 2015. Analisis Laporan Keuangan.Yogyakarta: CAPS.

Hery. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Grasindo.

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudana, I Made. (2011) Manajemen Keuangan Perusahaan. Erlangga, Jakarta.

Inche Zainal Abidin, S. et al., (2014). Prevalence and Determinants of Appropriate Health Seeking Behaviour among Known Diabetics: Results from a Community-Based Survey. Advances in Epidemiology, 2014. pp.1–7. Available at: http://www.hindawi.com/journals/ae p/2014/793286/.

Meidiawati, Karina dan Titik Mildawati. (2016). “Pengaruh Size, Growth, Profitabilitas, Struktur Modal, Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan.” Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol. 5, No. 2 ISSN:2460- 0585.

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Martono dan Agus Marjito. (2003). Manajemen Keuangan.Yogyakarta:Ekonisia

Pabundu Tika, Moh.. (2012). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta:Bumi Aksara.

Priyatno, Duwi. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Edisi Kesatu. Yogyakarta:ANDI.

Purnama, H. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Utang, Kebijakan Dividen, Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi. Volume 4. No1. Juni 2016. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi. Universitas PGRI.

Reeve, James M., Carl S. Warren., & Jonathan E. Duchac. 2013. Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia (Buku 1). Diterjemahkan oleh : Damayanti Dian. Jakarta : Salemba Empat.

Riyanto, Bambang. (2013), “Dasar – Dasar Pembelanjaan Perusahaan”, Edisi Keempat, Cetakan Ketujuh, Yogyakarta : YBPFE UGM

Sartono,Agus. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

------------------ (2012). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi5. BPFE. Yogyakarta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sukartha, I.M. & Pramana, G.R.A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi. ISSN:2302-8556,Vol

2. Universitas Udhayana. Bali. Hal.2.

Utami, Zenni. (2009). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran dan Kebijakan Deviden terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Go Public di Bursa Efek Indonesia. UNNES : Skripsi.

Wira, Desmond. (2014). Analisis Fundamental Saham. Edisi Kedua. Bandung: Exceed Books.

Wiyono, Gendro dan Kusuma, Hadri. (2017). Manajemen Keuangan Lanjutan Berbasis Corporate Value Creation Edisi kesatu. Yogyakarta. UPP STIM YKPN

Yulianto,Arif. dan Aprilia Anita. (2016 “PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI

PERUSAHAAN” . Management Analysis Journal 5 (1).

Zahra (2016). “Pengaruh Kebijakan Dividen,Leverage, Dan Profitabilitas Pada Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2014- 2016)”.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-14

Cara Mengutip

Sudjana, K., & Anggraini, A. (2021). PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN, KEBIJAKAN UTANG, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADA NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Makanan Dan Minuman yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2017. Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 13(2), 99–115. https://doi.org/10.58890/jkb.v13i2.94 (Original work published 14 Agustus 2023)