PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE INTERNET REPORTING PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2018 - 2020

Penulis

  • Judianto Tjahjo Nugroho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v13i2.96

Kata Kunci:

Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Corporate Internet Reporting.

Abstrak

Di era resolusi industri 4.0 seperti ini, banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dalam bidangnya masing-masing. Dampak dari pandemi ini ternyata cukup besar dirasakan oleh para pengusaha, oleh karena itu para pengusaha dihadapkan pada berbagai pilihan untuk mempertahankan perusahaan mereka tetap beroperasi dan terus maju. Tidak hanya itu, tapi perusahaan juga dituntut untuk lebih transparan dalam mengungkapkan informasi tentang perusahaannya. Laporan keuangan suatu perusahaan akan mempunyai manfaat jika disampaikan secara akurat dan tepat waktu kepada para pemakainya guna pengambilan keputusan. Hal ini mencerminkan betapa pentingnya ketepatan waktu (timeliness) penyajian laporan keuangan kepada publik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage dan likuiditas terhadap pengungkapan corporate internet reporting pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2018 – 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2018 - 2020. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis balanced panel regression meliputi uji-t, uji-F dan koefisien determinasi dengan menggunakan Eviews. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua indikator yang digunakan valid dan reliabel. Persamaan regresi yang diperoleh adalah CIR = 70,932 + 2.65E-25X1 + 1.61E-21X2 – 1,01E-25X3 + μ. Berdasarkan uji-t dan uji F ditemukan bahwa variabel profitabilitas, leverage dan likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan corporate internet reporting pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2018 - 2020, baik secara parsial maupun simultan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ajija, Sochrul R., Sari, Dyah W., Setianto, Rahmat H., Primanti, Martha R. Cara Cerdas Menguasai EViews (2011), Salemba Empat

Astuti, C. D. (2019). Faktor Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan. Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi, Dan Keuangan Publik, 2(1), 27. https://doi.org/10.25105/jipak.v2i1.4425

Hermawan, S., Biduri, S., Hariyanto, W., & Ningdiyah, E. W. (2019). Corporate internet reporting, 176–187.

Novius, A. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Corporate Internet Reporting Dalam Mendukung Transparansi Keuangan Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi, 14(1), 59–78. https://doi.org/10.34152/fe.14.1.59-78

Pinasti, W. F. (2018). the Effect of Car, Bopo, Npl, Nim and Ldr To Bank Profitability, VII(1). Retrieved from www.idx.co.id.

Sujarweni, V. W., & Utami, L. R. (2017). The Deciding Factor Is The Timeliness Of Corporate Internet Reporting On Manufacturing Companies Registered In Bei. 085228282256, 2(1). https://doi.org/10.26486/JRAMB.V2I1.2416

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-15

Cara Mengutip

Tjahjo Nugroho, J. . (2021). PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE INTERNET REPORTING PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2018 - 2020. Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 13(2), 132–143. https://doi.org/10.58890/jkb.v13i2.96 (Original work published 15 Agustus 2023)