PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA INTERNET SERVICE ASNET, KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PT. USAHA ADI SANGGORO

Penulis

  • Kiki Marlia Rizky Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI, Depok
  • Christina Ekawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v17i1.395

Kata Kunci:

Strategi Promosi, Strategi Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi promosi dan strategi harga terhadap kepuasan pelanggan jasa Internet Service Asnet pada PT. Usaha Adi Sanggoro, dengan kualitas pelayanan sebagai variabel moderasi. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya peran promosi dan penetapan harga yang kompetitif dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di tengah persaingan industri penyedia layanan internet yang semakin ketat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan Asnet. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Model analisis data yang digunakan adalah Pathh Analisys Data untuk mengetahui peran kualitas pelayanan dalam memperkuat atau memperlemah hubungan antara variabel bebas dan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi dan strategi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu, kualitas pelayanan terbukti memoderasi hubungan antara strategi promosi dan strategi harga terhadap kepuasan pelanggan secara signifikan. Temuan ini memberikan implikasi bagi manajemen PT. Usaha Adi Sanggoro untuk terus meningkatkan efektivitas promosi, menetapkan harga yang kompetitif, serta menjaga dan meningkatkan kualitas layanan sebagai strategi utama dalam menjaga loyalitas pelanggan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arianto, N., & Kurniawan, ; Fiki. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 04(2), 2021. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK

Aryani, D. N., Hartutik, Yusda, D. D., Diwyarthi, N. D. M. S., & Setianti, Y. (2023). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Marketplace Shopee. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(6), 2438–2443. https://doi.org/10.35870/JEMSI.V9I6.1664

Fauzan, M., & Chasanah, U. (2020). PENGARUH HARGA, KUALITAS LAYANAN DAN PROGRAM PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERKELANJUTAN PRODUK HERBAL MAMOCHI INDONESIA YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KONSUMEN. http://stieww.ac.id

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek, Cetakan Pertama. Penerbit Qiara Media,.

Firmansyah, M. A., & Mochklas, M. (2018). ANALISA STRATEGI PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN TEMPAT TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN WARUNG GIRAS DI SURABAYA.

https://jurnal.ibmt.ac.id/index.php/jeksekutif/article/view/179/163

Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariete. Semarang: Universitas Diponegoro. Universitas Diponegoro.

Gofur, A. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.

https://doi.org/10.36226/JRMB.V4I1.240

Hadyarti, V., & Moh. Zaki Kurniawan. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.

Iswadi, A., & Tiastity, R. (2015). Analisis Pengaruh Reputasi Perusahaan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kualitas Pelayanan sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 15(2), 77190. https://www.neliti.com/publications/77190/

Kasmir. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Praktek. Manajemen Sumber Daya Manusia, 5, 382. https://www.rajagrafindo.co.id/produk/manajemen-sumber-daya-manusia-teori-dan-praktek/

Kotler, P. (2019). Manajemen pemasaran edisi milenium 1 / Bambang Sarwiji | Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=28272

Kotler, P. (2020). Manajemen pemasaran edisi milenium 1 / Bambang Sarwiji | Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2019). Dasar-dasar pemasaran jilid 1. //catalog.umj.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D12988%26keywords%3D

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran Jilid 2 -12/E. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/8131/slug/manajemen-pemasaran-jilid-2-12-e-.html

Maulana Kahvi, R. (2022). Analisis Pengaruh Promosi, Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Grab Food di Masa Covid-19. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/63155

Mukarom, Zaenal, & Wijaya Laksana, M. (2106). Membangun Kinerja Pelayanan Publik Menuju Clean Government and Good Governance. Pustaka Setia.

Priansa, D. J. (2020). Perencanaan dan pengembangan SDM / Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=22213

Ramadhini, & Syafitri, N. (2020). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN E-COMMERCE SHOPEE PADA JASA PENGIRIMAN BARANG SICEPAT HALU DI JAKARTA.

Riyanto, A. (2018). Implikasi Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Cibadak Sukabumi. Jurnal Kapita Selekta Geograf.

Sesunan, Y. S. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN PADA THE LUXTON HOTEL BANDUNG. Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 1(1), 48–57. https://doi.org/10.24260/JKUBS.V1I1.98

Siswadi, F., Muharam, H., & Hannan, S. (2019). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan: Studi pada Perpustakaan Institut Pertanian Bogor. Jurnal Pustakawan Indonesia, 18(1), 42–53. https://doi.org/10.29244/JPI.18.1.42-53

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Sujarweni, W. (2020). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi (33rd ed.). Pustaka Baru Press.

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. //opac.unu-jogja.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D6440

Tjiptono, F. (2020). Pemasaran- Edisi 1. Yogyakarta : ANDI. https://opac.ut.ac.id/detail-opac?id=40067

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Marlia Rizky, K., & Ekawati, C. (2025). PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA INTERNET SERVICE ASNET, KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PT. USAHA ADI SANGGORO. Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 17(1), 146–162. https://doi.org/10.58890/jkb.v17i1.395