PENGARUH PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JNE AGEN PONDOK GEDE

Penulis

  • Herman Susilo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v15i1.65

Kata Kunci:

Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstrak

Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat. Hal ini juga dirasakan para pelaku bisnis di bidang jasa pengiriman barang. JNE adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengiriman barang. Metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner, model analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling ,adapun sampel tersebut berjumlah 97 orang. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut :

Y= 24.699 + 0,096X1 + 0,637X2 + 0,263X3

Dimana variabel kepuasan pelanggan (Y), variabel produk (X1), variabel harga (X2), dan variabel kualitas pelayanan (X3). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukan bahwa secara parsial produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan JNE Agen Pondok Gede karena thitung (0.849) < ttabel (1,660) serta nilai signifikasinya diatas 0,05, untuk variabel harga menghasilkan thitung (8,519) dan variabel kualitas pelayanan menunjukan hasil analisis thitung ( 4,779) dimana ttabel (1,660) dan nilai signifikasinya dibawah 0,05 maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan JNE Agen Pondok Gede. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen yang diteliti yaitu produk, harga dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan JNE Agen Pondok Gede.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung. CV Alfabeta

Assauri, S.(2012). Strategic Marketing. Cetakan satu, Edisi Satu.Depok. Raja Grafindo perda.

Daryanto,Setyobudi,Ismanto.(2014). Konsumen dan pelayanan prima. Malang. Raja Grafindo perda.

Farida, Jasfar. (2005). Manajmen jasa . Bogor: Ghalia Indonesia.

Hardiansyah. (2011). Kualitas pelayanan publik. Yogyakarta: Gava Media.

Ginting, Paham dan Situmorang. (2008). Filsafat Ilmu dan Metode Riset. Medan: USU Press.

Ghazali, I. (2006). Aplikasi AnalisisMultivariete Dengan Program IBM SPSS (Edisi 8). Semarang : Universitas Diponegoro.

Kotler, Gary Amstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 8 Jilidi 2. Jakarta : Erlangga.

Kotler,Philip and Gary Amstrong.(2001). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler.Philip.(2002). Manjemen Pemasaran Edisi Melenium Jilid 1. Jakarta : Phehallindo

M, Arod, Mas . (2016). Pengaruh Kualitas pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Jasa JNE Kota Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.Yogyakarta.Tidak Dipublikasikan.

Ristawati. (2017). Pengaruh Keandalan, Ketanggapan, Keyakinan, Empati, dan Wujud Nyata Terhadap Kepuasan Pelanggan PT.Amadine Wisata Utama Jakarta. Skripsi. STIE Gici Business School Depok. Tidak Dipublikasikan.

Ruslan , Muhamad. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko Informa Furnishing Warung Jambu Bogor . Skripsi. STIE Gici Business School Depok. Tidak Dipublikasikan.

Sunyoto, Danang. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT.Buku.

Sugiyono. (2015) . Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung : CV Alfabeta .

Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , dan R&D.Bandung: CV Alfabeta .

Sunyoto, Danang . (2014). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung : PT Refika Aditama Anggota Ikapi.

Tjiptono, Fandy. (2002). Manajemen Jasa .Yogyakarta: ANDI

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra.(2012). Manajemen Strategic.Yogyakarta : ANDI.

Umar, Husein. (2005). Metode Penelitian. Jakarta : Salemba Empat.

Unardjan, Dominikus. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Universitas Atma Jaya .

Yunita, Dina. (2017). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan CV Arison Interior Furniture. Skripsi. STIE Gici Business School Bogor. Tidak Dipublikasikan.

http;//topbrand-award.com/top-brand-survey, (2018).Diakses pada 17 Maret 2019

http;//www.jne.co.id. Diakses pada 8 Juli 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Susilo, H. (2023). PENGARUH PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JNE AGEN PONDOK GEDE. Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 15(1), 1–9. https://doi.org/10.58890/jkb.v15i1.65