PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Barang KonsumsiYang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Penulis

  • Krisna Sudjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Agustini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Syifa Fatimah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v15i1.68

Kata Kunci:

Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibilty, Kinerja Keuangan, Nilai Perusahaan.

Abstrak

Tujuan perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan para pemegang saham dapat diwujudkan dengan memaksimalkan nilai perusahaan yang dapat dipengaruhi oleh GCG, CSR dan kinerja keuanagn terhadap nilai perusahaan. Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap perusahaan, yang sering dikaitkan dengan harga saham. Harga saham yang tinggi membuat nilai perusahaan juga tinggi. Nilai perusahaan sangat penting karena dapat menggambarkan kinerja perusahaan yang nantinya akan mempengaruhi investor terhadap perusahaan sehingga dapat membantu pengambilan keputusan keuangan dalam menginvestasikan dananya pada perusahaan. Dalam penelitian ini corporate governance diproksikan kedalam prinsip-prinsip Corporate Governace menurut FCGI dalam pedoman umum Corporate Governance Indonesia perbankan (KNKG,2004), sedangkan untuk Corporate Social Responsibilty (CSR) diproksikan kedalam Reporting berdasarkan panduan Global Reporting Initiative (GRI).
Populasi dalam penelitian ini sejumlah 42 perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang tercatat di BEI. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 25 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Data untuk penelitian ini diperoleh dari laporan tahunan perusahaan yang tersedian di Bursa Efek Indonesia (BEI). Alat yang digunakan untuk penelitian ini adalah SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Good Corporate Governance (GCG), Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kinerja Keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Brigham, E. F., & J. F. Houston. (2011). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Buku Pertama. Edisi Kesebelas. (Alih Bahasa Ali Akbar Yulianto). Jakarta: Salemba Empat.

Bursa efek indonesia (http://www.idx.co.id)

Fahmi, I. (2015), Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadi, Nor. (2011). Corporate Social Responsibility, Graha Ilmu: Yogyakarta.

Hamdani (2016). Good Corporate Governance. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Hasanah, U. (2016). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. STIE Gici Business school. Depok.

Husnan, S., & E. Pudjiastuti. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Keenam. Yogjakarta: Unit Penerbit dan Percetakan STIM YKPN.

Ikatan Akuntan Indonesia (www.iaiglobal.or.id)

Kusumajaya, D. K. O. (2011). Pengaruh Struktur Modal, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Profitabilitas, Dan Nilai Perusahaan Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI. Tesis. Universitas Udayana. Denpasar. Dipublikasikan.

Martono, & D. A. Harjito. (2012). Manajemen Keuangan.Yogyakarta: Ekonisia.

Mayogi, D. G., & Fidiana. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Dan Kebijakan Utang Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. ISSN: 2460-0585. Volume 5. No 1. Januari 2016. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Surabaya.

Noor, H.F. 2014. Investasi, Pengelolaan Keuangan, dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat. Edisi Pertama. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Priyatno, D. 2016. SPSS HandBook Analisis Data, Olah Data, dan Penyelesaian Kasus-kasus Statistik. Mediakom. Yogyakarta.

Rosmiati, D. (2018).Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi, dan Kebijakan Utang terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. STIE Gici Business School.

Safitri, N., & A. Wahyuati. (2015). Pengaruh Struktur Modal Dan Keputusan Investasi Terhadap Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 4. No 2. Februari 2015. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Surabaya.

Sartono, A. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogjakarta: Unit Penerbit dan Percetakan BPFE.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Kedua Puluh Satu. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Thoifah. (2016). Metode penelitian kuantitatif. Malang: Madani Media.

Ultamira,S. (2016), Pengaruh kinerja keuangan, Corporate Governance, dan kualitas audit terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility study pada perusahaan perkebunan yang terdaftar di BEI periode 2011-2014. Skripsi. STIE Gici Business School Depok.

Unaradjan, D. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya.

Untung, Budi. 2014. CSR dalam dunia bisnis. Yogyakarta. ANDI.

Urip, Sri. 2010. Strategi CSR : Untuk Peningkatan Daya Saing Perusahaan dipasar Negara Berkembang. Cetakan Pertama. Jakarta : Literati Imprint.

William. (2012). Pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibiity berdasarkan pedoman global reporting initiative terhadap nilai perusahaan. Tesis. Universitas Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Sudjana, K., Agustini, & Fatimah, S. (2023). PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN: (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Barang KonsumsiYang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 15(1), 20–27. https://doi.org/10.58890/jkb.v15i1.68