PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI INDOMARET CIGOMBONG SUKABUMI JAWA BARAT

Penulis

  • Gena Prasetya Noor Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v15i1.71

Kata Kunci:

Biaya Produksi, Biaya Kualitas, Biaya Promosi, Laba Bersih

Abstrak

Kepuasan konsumen merupakan faktor yang sangat penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan agar konsumen mau untuk datang kembali. Kualitas pelayanan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan perusahaan untuk mendapatkan kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan merupakan kunci kesuksesan suatu perusahaan terutama di bidang ritel. Kualitas pelayanan yang baik dapat menjadi keunggulan bersaing perusahaan ritel. Selain kualitas pelayanan, persepsi harga juga merupakan faktor penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan terutama dalam bentuk ritel. Perusahaan harus selalu memonitor harga yang ditetapkan oleh para pesaing, agar harga yang ditentukan perusahaan tersebut tidak terlalu tinggi, sehingga dapat menciptakan kepuasam pelanggan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Indomaret Cigombong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil uji Koefisien Determinasi menunjukkan bahwa 42,70% faktor-faktor kepuasam konsumen dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan dan harga sedangkan sisanya 57,30% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan dan harga secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (37,814) > Ftabel (3,900). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis thitung (5,671) dan variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung (4,889) dimana ttabel (1,984), maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen di Indomaret Cigombong. Harga merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di Indomaret Cigombong Kabupaten Bogor.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asri, Marwan. 2003. Marketing. Penerbit: Erlangga, Jakarta.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Penerbit: Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Azizi, Abdul dan Salimun Khah. 2011. Teknik Pemasaran Untuk Penjualan Produk. Penerbit: Universitas Diponegoro, Semarang.

Barney, Jay. 2013. Strategi Pemasaran. Alih Bahasa Darmo Waluyo Penerbit: Universitas Diponegoro, Semarang.

Damanik, Suryadi. 2014. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Penerbit: Ghalia Indonesia, Jakarta. Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Penerbit:

Universitas Diponegoro, Semarang.

Hakim, Abdul. 2013. Analisis Pemasaran Produk. Penerbit: Erlangga, Jakarta.

Handoko, T.Hani. 2011. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Edisi Pertama. Penerbit: BPFE, Yogyakarta.

Irawan, Denny. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Penerbit: Alfabeta, Bandung.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2013. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas. Penerbit: Erlangga, Jakarta.

Krisyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Metode Penelitian. Penerbit: Prenada Media Group, Jakarta.

Lovelock, Cristopher.H. 2012. Teori dan Praktek Manajemen Pemasaran, Cetakan Kedua

Dialihkan Bahasa Oleh Agus Widyantoro. Penerbit: PT Indeks, Jakarta

Lupiyoadi, Hamdani. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Ketiga. Penerbit: Salemba Empat, Jakarta.

Maya, Laila. 2013. Pengaruh Persepsi Terhadap Resiko Pembelian. Penerbit: Pustaka Setia, Bandung.

Natalia, Lia. 2010. Analisis Faktor Persepsi Yang Mempengaruhi Minat Konsumen. Penerbit: Universitas Gunadarma, Jakarta.

Parasuraman, et.al. 2011. Konsep dan Teknik Pengukuran Kualitas Jasa. Alih Bahasa Warsono. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Pujawan. 2010. Riset Pemasaran Kontemporer, Edisi Pertama. Penerbit: Salemba Empat, Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2012. Pengukuran Kepuasan Konsumen. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rudianto. 2012. Dasar-Dasar Keputusan Pembelian Konsumen. Penerbit: Erlangga, Jakarta. Sahaja, Arifin. 2011. Evaluasi dan Penerapan Sistem Penjualan. Penerbit: Rineka Cipta, Jakarta.

Schiffman dan Kanuk. 2011. Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh. Penerbit: Indeks, Jakarta.

Setiyadi, Nugroho.J. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan.

Stanton, William J. 2011. Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa oleh Sadu Sundaru. Jilid Satu. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga.

Swastha dan Irawan. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedelapan. Yogyakarta: Liberty. Sudarmo, Subiyakto. 2012. Kapasitas dan Bauran Marketing Perusahaan. Penerbit: Liberty, Yogyakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Kelima belas. Penerbit: Alfabeta, Bandung.

Suryanto, Widyatmoko. 2012. Manajemen Penjualan. Penerbit: BPFE, Yogyakarta.

Supranto, Johanes. 2003. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Penerbit: Rineka Cipta, Jakarta.

Tjiptono, Frandy. 2012. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Penerbit: Andi, Yogyakarta.

Vorhies, Douglas.W. 2011. Strategi dan Kinerja Pemasaran. Alih Bahasa Roni Kurniawan. Penerbit: Erlangga, Jakarta.

Yazid. 2010. Pemasaran Jasa: Konsep dan Strategi. Penerbit: PT Indeks, Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Prasetya Noor, G. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI INDOMARET CIGOMBONG SUKABUMI JAWA BARAT. Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 15(1), 42–51. https://doi.org/10.58890/jkb.v15i1.71