PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMAKAIAN JASA TRAVEL UMROH DAN HAJI PT. ALIFAH TOUR CABANG BOGOR

Penulis

  • Bakti Toni Endaryono Institut Agama Islam Nasional Laa Roiba
  • Christina Ekawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v15i1.72

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Keputusan Pemakaian.

Abstrak

Seiring perkembangan bisnis travel saat ini semakin ketat. Hal ini dirasakan para pelaku bisnis di bidang jasa travel Umroh dan Haji. PT. Alifah Tour Cabang Bogor adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa travel Umroh dan Haji. PT. Alifah Tour Cabang Bogor adalh salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa travel Umroh dan Haji. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan, harga dan promosi terhadap keputusan pemakaian jasa travel Umroh dan Haji PT. Alifah Tour Cabang Bogor.

Dimana variabel keputusan pemakaian jasa (Y), variabel kualitas pelayanan (X1), variabel harga (X2), dan promosi (X3). Pengujian hipotesis menggunakan uji menunjukan bahwa secara parsial kualitas pelayanan dan harga berpengaruh signifikan. Sedangkan variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa Travel Alifah Tour Cabang Bogor. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen yang diteliti yaitu kualitas pelayanan, harga dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa travel Umroh dan Haji PT. Alifah Tour Cabang Bogor. Angka adjusted R Square 0,556 menunjukanbahwa 55,6% variabel keputusan pemakaian jasa dijelaskan dan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, harga dan promosi dan sisanya sebesar 44,4% di jelaskan dan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alma., Buchari. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : CV. Alfabeta.

Daud, Denny. (2013). Promosi dan kualitas layanan pengaruhnya terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa pembiayan pada PT. Bess Finance Manado. Jurnal. Universitas Sam Ratulanggi Manado. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.ph p/emba/article/view/2563

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 25. (Edisi 8). Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gaya Media.

Kotler, P., & G. Amstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke 12, jilid 1. Jakarta: Erlangga.

. (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium, Jilid 2, Prehallindo, Jakarta.

Luta, L. S. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pada CV. Amrita Tour Kediri. Jurnal. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Manap, Abdul. (2016). Resolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarata: Mitra Wacana Media.

Mursid, M. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Mukti, M., Y., D. (2012). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mebel CV. Jati Endah Ladoyo Blitar). Jurnal. STIE Kesuma Negara Blitar.

Mal, L., H., & I., G., A., Mertayasa. (2018). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Secara Online Di Situs Traveloka.COM Pada Mahasiaswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika Dan Humaniora Universitas Dhyana Putra Bali. Jurnal. universitas Dhyana Putra Bali.https://jurnal.undhirabali.ac.id/index. php/pariwisata/article/view/343

Rifai, Muhamad. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pada ruma makan ayam geprek spesial sambal korek cabang kediri. Jurnal. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/881f33cfd1bdad657f896739866de21f.pdf

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi.

Sunyoto, D. (2014). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit CAPS.

E. Susanti. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Tri Admojo.

Suparyanto, R. W., & Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Bogor: Penerbit In Media.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sanusi., A. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan ke enam. Jakarta: Salemba Empat.

Situmorang, S. Syahyunan.(2008). Analisis Data Penelitian (Menggunakan Program SPSS). Cetakan Pertama. Medan: USU Press.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Toni Endaryono, B., & Ekawati, C. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMAKAIAN JASA TRAVEL UMROH DAN HAJI PT. ALIFAH TOUR CABANG BOGOR. Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 15(1), 52–59. https://doi.org/10.58890/jkb.v15i1.72